welcome n enjoy ur day

welcom to my simple blog
apa yang bisa anda ambil dari sini?
^^v

Tuesday, June 14, 2011

tempat penitipan barang

Tempat Penitipan Barang, pernah denger kan? Yups, tu tempat emang guna banget buat ngringanin beban pas lagi bershoping ria, orang yang jagapun, bakal punya banyak pahala karena jadi salah satu orang yang amanah plus nolong orang yang lagi kesusahan. Keren kan tu pekerjaan, selain dapet gaji, dapet pahala pula. Tapi walupun tu pekerjaan mulia banget, kalo seumpamanya di dunia ini cuma ada pekerjaan jadi tukang jaga barang di tempat itu, sori, bakal saya tolak mentah-mentah. Eit, bukannya saya deskriminatif sama tu pekerjaan, tapi saya paling benci n sebel sama tu pekerjaan.
Dua kali saya dipermalukan dengan petugas penjaga barang, sebenarnya si, karena emang saya yang bodo alias gak ngerti system.
Kejadian Yang pertama,
Tempat : Toko buku gunung agung, mall citra land, semarang.
Waktu : Siang.
Tokoh : saya, teman saya Ika, penjaga Tempat penitipan barang.
Pas itu saya ada rencana nonton bareng sama temen-temen SMA di salah satu mall di Semarang, uih, girang pokoknya. ditambah hari itu adalah jadwal saya pulang kampung. Rencananya si, kelar nonton, pengen buruan cabut pulkam. Dan karena kost-an saya lumayan jauh dari peradapan, terpaksa dech saya nonton sambil bawa tas kecil nan berat –nah lo, bingung kan? Tasnya emang kecil, tapi muat kok untuk 4 kilo baju, baju kotor pula- *upz, ketauan dech malesnya.. *
Ternyata, berat juga bawa tas keliling mall, saya juga mikir, apa gak repot ntar pas di dalem teater? Matapun clingak-clinguk cari tullisan “TEMPAT PENITIPAN BARANG”. Lama saya keliling itu mall, saking beratnya itu tas, kerap saya turunkan tas ke lantai, capek. Di dalam hati ngupat sama pengelola mall, gila, tempat belanja segini gede, segini mewah masak gak ada tu fasilitas? Siapa si pengelolanya? Gak pengertian baget sama pelanggannya! Huh!
Ditemani si Ika, kami berdua keliling mencari tempat itu. Dan Setelah keliling dari satu lantai sampai ke lantai 2 – sekali lagi, lante 2 pemirsa- akhirnya ketemu juga tu tulisan, huft.. Lega, ni lengan gak usah capek-capek lagi bawa tas, acara nontonnya juga bakal gak ribet. Akhirnya saya nitipkan tas berat itu di satu-satunya tempat penitipan barang di mall, toko buku terkenal di Indonesia. Nomer lokerpun saya kantongi, dengan santai saya lansung keluar toko buku itu, nyamperin teman-teman yang ternyata sudah sejak tadi berkumpul di depan bioskop. Acara nobarpun berlangsung seru, film yang di tonton, tak kalah seru.
Puas melapas kangen bareng temen lama. Rencana selanjutnya yaa cabut kampung, udah gak sabar ketemu sama keluarga di rumah. Tas gede yang isinya bakal jadi oleh-oleh terindah buat asisten ibu di rumah, siap saya ambil. Sambil ketawa-ketiwi bareng temen, dengan PDnya saya menukarkan nomer dengan barang yang saya titipkan tadi. Petugas yang jaga tidak lagi menunjukan wajah ramah. Kumis yang tadinya gak begitu galak, entah kenapa sekarang seperti berdiri hendak menusuk saya.
Kira-kira, gini ni perkacapannya,
(S) : Saya
(PPTPB) : Petugas penjaga tempat penitipan barang
(PPTPB) : dari mana mbak?
Sambil mengambil nomer loker
(S) : Dari bioskop pak.
Tak kasih senyum paling manis, namun segera lenyap saat senyumku tak terbalas.
Si PPTPB mengambil tas saya dan menyerahkannya ke saya, saat transaksi…
(PPTPB) : Kalo gak mau ke toko ini ya gak usah nitipan barang di sini mbak, di ajak sekalian nonton saja mbak tasnya.”
Deg!! Mampus gue, saya kaget plus gak nyangka tu petugas bakal negur saya dengan suara yang cukup untuk membuat semua orang di sekeliling saya menoleh dan melihat saya dari bawah sampai atas. Jantung ini jadi deg-degan, tangan plus kaki juga gemetar. Huks,,
(S) : Oh, iya pak, maaf ya
Muka memelas saya pasang,
Kelar minta maaf sama si PPTBP saya langsung ngacir dari tu tempat,
Malu. Malu abis. Si ika mala ketawa cekikian, dalam hati, sialan tu orang. Sayapun kembali membawa tas berat. Hari ini benar-benar berat.
Oke, yang kedua..
Tempat : tempat penitipan barang, hypermart, matahari Pekalongan
Tokoh : saya, PPTPB, teman saya Anjar
Waktu : siang juga,,
Kalo pas dulu mau balik kampung, sekarang ceritanya mau balik ke kota rantau alias semarang. Bonceng bareng teman saya si anjar. Terlahir gak bias naek motor, sayapun jadi pembonceng sejati. Tapi soal penampilan, gak kalah sama yang di depan. Helm hitam, masker buat nutupin separo muka, jaket, celana panjang, sarung tangan dan sarung kaki, eit gak lupa dan selalu ingat, tas ransel gede isi pakaian bersih.. hehehe..
Niatnya si pengen langsung ke kostan, tapi si anjar ingat kalo dia gak punya sepatu buat di pake pas PPL di kantor pemerintah. Kebetulan lagi ada diskon, kami tidak menyianyiakan kesempatan emas ini. Motorpun berbelok di salah satu mall besar di pekalongan. Parkir motor tepat di depan tu mall. Kami masuk ke mall itu. Masih ingat dengan apa yang saya pakai? Yang berkurang hanya helm dan masker. Karena tadi ngopot helm agak kasar, jilbab saya jadi tak karuan bentukya. Cuek.
Hawa dingin lansung menerpa wajah kami. Hem.. nikmat.
Tas ransel kami rada ganggu, masa iya keliling samba bawa ransel, dikira lagi naek gunung ntar. Kami memutuskan untuk menitipkan barang kami di tempat penitipan barang, sekali lagi tempat penitipan barang. Kali ini tempatnya di depan swalayan.
Petugasnya masih muda, tinggi berkulit bersih, laki-laki.
Huft, ringan dech ini beban, bakal nikmat ini kelilingnya. Nomer penitipan saya masukan ke kantong belakang celana, dengan santai kami menuju escalator buat kelantai 2. Saat berhaha-hihi sama si anjar, kira-kira 100 meter dari tu tempat kami nitipin tas kami, dari belakang kayak ada yang manggil.
“ Mbak, Mbak!”
Kami menoleh,
Terlihat petugas laki-laki, tinggi berkulit bersih, berbadan kecil alias si PPTPB berlari mengejar kami dengan membawa 2 ransel di kedua pundaknya. Mukanya capek banget, 2 tas rensel lho,. Kami heran sekaligus geli dengan adegan itu.
“ Mbk mau keatas? tanyanya sambil ngos-ngosan setelah meletakan kedua ransel tepat di depan kami, dan cukup menarik perhatian orang di sekitar kami.
“ Ia mas” jawabku, sekali lagi kujawab dengan jujur dan polos.
“ Kalo gitu, gak boleh nitipin barang mbak, tempat itu khusus untuk pelanggan yang mau bekanja di swalayan kami mbak”
Hah!! Mlongo! Ketap-ketip. Gak salah denger nich?
Ternyata si anjar lebih cepet nguasai keadaan.
“ Oh, yaudah mas” jawab anjar nurut, dalam hati siapa yang tau. Huh!
Kamipun menggendong tas kami kembali, berat, menuju escalator. Membayangkan nasib pundak kami saat di atas. Keliling nyari sepatu tapi penampilaln kaya orang mau naik gunung, huks, tega bener tu orang. Padahal kayaknya gak rugi kalo dapet titpan 2 tas lagi, gak nyusahin dia juga kan, masak gak kasihan liat kami. Huwaa..
“ Mbak?” panggil petugas itu
Kami berhenti. Apalagi coba? Mau bawain apa? Kasihankah melihat dua gadis tak karuan bentuknya belanja sambil bawa tas ransel segini berat? Di ijinkankah kami memanfaatkan fasilitas penitipan barang? Tanyaku dalam hati sembari berharap.
Aku menoleh,
“ Nomer penitipannya mbak?”
Gubrak! Salah besar pemirsa, huks.
Kuserahkan nomer penitipan padanya yang tadi aku kantongi.
Dongkol.
“ Gue sumpahin tu orang bakal jadi petugas penitipan barang 7 turunan!!! “ umpat si anjar.
Dalam hati mengamini.
Pelajaran moral saat anda benar-benar butuh jasa itu:
1. Liat toko apa yang nyediain fasilitas itu
2. Kalo emang butuh banget tapi gak mau ke toko itu, pura-puralah keliling itu toko sebelum memutuskan buat kabur
3. Beli barang yang paling murah, bisa pencil kalo pas di toko buku, atau air mineral ukuran gelas kalo di tempat swalayan pas mau ambil barang, anggep aja itu sebagai biaya penitipan
4. Penampilan yang rapi, plus senyum hangat sama petugas, sapa tau manjur
5. Terakhir, dan yang paling penting, jangan terlalu jujur dan polos, pas diTanya tujuan anda atau dari mana anda, berbohong sedikit, gak papa kok.

2 comments:

  1. Y tuhan,cerita ini pun kau posting d blog ini pil?aq Bru baca,aq jd ketawa2 sendiri inget pas Qt mau k matahari nitip Ransel d Hypermart,asli memalukan dikejar Cwo smpe dpn eskalator dan dikembalikan ransel Qt,Tuhan tau kok pil,btapa kangennya saya sma kamu,btapa sayangnya saya sma kamu,Miss u so much
    Alfatihah 😭😭😭😭

    ReplyDelete
  2. Nemu blog ini waktu cari info tempat penitipan barang di mall,
    Trs baca treat ini, ngakak waktu baca TS sama teman2nya yg sampai dikejar2 PPTPB, kebayang gimana kejadiannya😁
    Kaget dan terenyuh waktu baca komentar, ternyata TS sudah lebih dulu bahagia disana,
    Semoga TS selalu bahagia dan untuk teman TS semoga selalu mendoakan beliau dan tetap mengenangnya dengan Cara yg indah.

    ReplyDelete