welcome n enjoy ur day

welcom to my simple blog
apa yang bisa anda ambil dari sini?
^^v

Wednesday, November 16, 2011

Cara (sedikit lebih) sehat menikmati mie instan



Hayooo,, siapa yang doyan sama mie instan??
Wah, pasti pada angkat tangan semua kan,,
Siapapun pasti akan senang dengan jenis makanan cepat saji ini. Cara bikinya gampang (bahkan untuk orang yang tidak pernah kenal dapur sekalipun), Mienya kenyal plus bumbu yang pas di lidah, membuat mie instan jadi primadona di seluruh Indonesia (Indonesia adalah pengkonsumsi terbesar mie instan terbesar ke-2 di dunia setelah China). 




Dipake buat sarapan, oke. Makan siang boleh juga, makan malam juga gak ada salahya kok. Mau jadi makanan utama atau ganjel perut di tengah malam siapa yang nolak. Dimakan pas udara panas mala bikin tambah kringetan, bikin melek kata orang ma, pas udara dingin apalagi, bikin anget dan nyenyak tidur. Mau bayi umur 15 bulan sampai kakeh-nenek pada demen sama mie.
Rasa dan jenisnyapun beragam, mulai dari yang berkuah kental sampai yang goreng, ada. Mau rasa apa? Ayam? Sapi? Baso? Kari? Soto? Ada semua. Bahkan salah satu merek terkenal menyediakan variasi rasa yang cukup unik semacam mie kocok bandung, mie cakalang sampai soto betawi.
Cara masak, jangan di Tanya, gampang banget. Walaupun Ada sebagian yang dibikin ribet. Mie yang matang dengan cara di rebus saja bisa dimasak jadi aneka variasi. Tambah telur, sayuran. Kornet, dibikin omelet, di sulap jadi pepes juga ada. Bahkan ada juga cara masak yang super duper gampang, cukup diseduh pake air panas, tunggu 3 menit, voila! Jadi dech..
Tapi yang namanya makanan instan siapapun juga tahu kalau gak semua yang ada di situ sehat. Kandungan mie itu sendiri ada semacam racun yang baru kelar di cerna setelah 3 hari di perut. Itu artinya tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan ini tiap hari. Dalam mie instan jenis apapun, banyak zat yang sebenarnya tidak aman untuk dikonsumsi, missal bahan pengawet (masa kadarluarsa mie instan rata-rata 2 tahun setelah produksi), pewarna mie, pengenyal mie dan  penguat rasa yang kesemuanya tidak baik jika berlebihan masuk ke tubuh.
Kalau kayak gini caranya saya juga bisa stress, makhlum, penggemar juga critanya, hehe..
Tapi, untuk meminimalisir pengaruh itu sebenarnya ada caranya juga, yaa walupun gak semua racunnya hilang, tapi lumayan juga buat ngurangi.
Mie yang ada di mie instan sebenarnaya telah melalui banyak proses, direbut setengah matang, kemudian dioreng setengah mateng juga, dan akhirnya di keringkan. Nah, dalam proses ini dimasukan banyak zat yang berfungsi untuk menjaga keawetan, warna juga rasa supaya tidak terlalu banyak berubah.
Agar semua zat kimia tersebut tidak masuk ketubuh, ada salah satu cara yaitu dibilas (eit, gak kayak bilas baju pas nyuci ya ntar mala dikasih pelembut lagi, hehe)
Di bilas disini berarti membuang air rebusan mie. Yups, air rebusan mie yang pertama memang harus dibuang, lihat saja warna kuning yang ada di air rebusan mie, itu tandanya ada zat pewarna di mie tersebut. Emang si ribet dan kadang ada yang bilang jadi gak enak. Tapi demi kesehatan, ini juga perlu dipertimbangkan.
Tapi sebenarnya juga gak ribet-ribet amat, gini ni caranya..
1.      Rebus mie di air yang mendidih, air yang mendidih buat mie jadi lebih cepat matang dan bentuknya jadi ramping. Kalau mau tambahin sayuran, biar tambah banyak dan enak, hehe..
2.      Setelah matang, angkat mie pake saringan, singkirkan airnya trus masukan dalam mangkuk.
3.      Nah,, kalo mie goreng emang airnya di buang, untuk mie kuah, mie yang dimangkuk tadi tinggal disiram dengan air panas (kalo saya pake air termos) trus terakhir masukan bumbunya.
Rasanya si gak beda jauh, mala mie jadi lebih bening, seger dan gak kelihatan kotor..
Trus, gimana buat Mie dalam cup yang sering dikonsumsi pas di jalan n benar-benar mepet? Kan gak mungkin kita minta air panas dua kali..
He’em, rada susah memang, tapi gak papa kali ya (gak konsisten, hehehe) cuman, buat yang maniak makanan sehat, caranya ya bisa pilih yang mie goreng, kan di buang tu airnya,, hehe,,
Oya, satu lagi,, kalau saya sehabis makan mie instan, pasti rasa haus yang bakal terasa, dulu saya pikir itu karna efek dari minyak bawang, tapi ternyata itu akibat dari sifat mie itu sendiri yang menyerap air. Hal ini dibuktikan saat mendiamkan mie kuah selama 1 jam, ilang kan kuahnya. Dan efek ini juga terjadi di tubuh kita. Jadi, mie instan sebenanya tidak disarankan untuk santap sahur.

No comments:

Post a Comment